+ -

Pages

Friday, April 19, 2013

Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet

Salam bahagia teman-teman, pada kesempatan kali ini aku akan berbagi pengalaman tentang bagaimana mempercepat dan mengotimalkan kinerja mozilla firefox koneksi internet kita bisa menjadi lebih cepat. Lho, kok beda dengan judul postingan, hanya firefox?, biarpun beda tapi pada dasarnya tips ini dapat digunakan di browser lain dengan menganalogikannya.

Mempercepat Koneksi Internet - Setiap kali kita googling mencari artikel tentang mempercepat internet, begitu banyak hasil penelusurannya, mulai dari cara dengan menggunakan software dan freeware, mengubah Registry Editor (regedit) maupun mengubah pengaturan dari browser itu sendiri, serta berbagai cara lainnya. Berikut ini, aku akan mencoba menganalisa secara singkat masing-masing cara-cara di atas.

Kalo kita menggunakan regedit, ada baiknya kita memback up dulu nilai/ value nya karena apabila terjadi kesalahan dan ketidakpuasan, kita dapat mengembalikannya. Ada banyak cara dalam penggunaan regedit, namun apakah anda tau cara yang mana yang cocok dengan koneksi dan kinerja PC/Laptop anda. Apakah anda cuma mengikuti panduan/ tutorial dalam sebuah artikel tanpa tau setiap fungsi value dan key yang diubah?. Jadi pada intinya, cara ini hanya cocok bagi orang yang ahli di bidangnya.

Selanjutnya, kalo kita menggunakan software dan freeware, baik yang sekali klik maupun membutuhkan pengaturan tambahan dalam mengoptimalkan koneksi internet. Pada cara yang sekali klik, tentu kita tidak perlu bersusah payah mengubah pengaturannya, tapi menurutku software/ freeware ini sangatlah tidak ampuh dan bahkan malah memperlambat koneksi. Sedangkan yang membutuhkan pengaturan tambahan yang rumit, software dan freeware inilah yang sangat bagus untuk kita gunakan. Namun, apakah kita tau bagaimana cara mengaturnya, apakah anda hanya mengikuti petunjuk sebuah artikel?. Jadi, jangan sesekali menggunakan cara ini, kalo anda kurang ahli di bidang komputer dan internet.

Begitupun, pada cara-cara lainnya, jangan hanya meniru dari suatu artikel tanpa tau fungsinya. Hal yang harus aku pertegaskan lagi, setiap PC/ Laptop mempunyai spesifikasi yang berbeda,begitupun tipe koneksi internetnya, jadi jangan asal pilih cara. Untuk mengatasi hal tersebut, terutama bagi pemula, gunakan saja ekstensi/add-ons yang disediakan browser dan mengikuti petunjukku. Dalam hal ini, browser yang aku gunakan adalah mozilla firefox dan tips ini lebih terkait dengan script. Tapi, sebelum aku berbagi tips ini, berjanjilah pada saat teman-teman mengunjungi blogku, jangan digunakan tips ini. Kalo sudah berjanji, nih add-ons yang bisa digunakan.


Adblock Plus

Adblock Plus
1. Buka firefox anda, kemudian download dari menu add-ons atau langsung kesini.
> 2. Setelah berhasil diinstall, restart firefox.
3. Kemudian buka Filter Preserences dan tambahkan subscriptionnya pada tab Add filter subscription. Yang ditambahkan adalah cukup EasyList dan Fanboy's List. Tapi anda juga masih bisa mengimprovisasinya tapi ingat anda harus mengerti dulu fungsinya.
4. Setelah selesai, lihatlah hasilnya, banyak script yang dimatikan sesuai dengan subscriptionnya. Kalo anda ingin mengembalikannya di beberapa situs/ web yang anda kunjungi, cukup klik icon ABP nya (biasnya di pojok kanan/ kiri bawah), kemudian klik Disable on xxx, misal Disable on sudut-sepi.blogspot.com.


Greasemonkey

Greasemonkey
1. Buka firefox anda, kemudian download dari menu add-ons atau langsung kesini.
2. Setelah berhasil diinstall, restart firefox.
3. Ada banyak fitur yang dapat digunakan, bisa dicari disini. Penggunaannya pun cukup mudah, anda tinggal klik tombol install di pojok kanan script yang akan digunakan.
4. Tapi aku cuma menggunakan script iHatePaidLinks (IHPL, Anti Adfly v2). script ini berfungsi untuk mematikan (skip) paid link seperti adf.ly dan langsung mengarahkan pada alamat yang dituju.


NB:
1. Mozilla firefox yang aku gunakan adalah versi 9.0.1. Jadi untuk versi lainnya, silahkan menyesuaikan.
2. Jangan menggunakan terlalu banyak add-ons dan tema yang berat karena akan memperlambat firefox anda.
3. Untuk browser lainnya, silahkan dianalogikan sendiri.
5 INFO MENARIK: Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet Salam bahagia teman-teman, pada kesempatan kali ini aku akan berbagi pengalaman tentang bagaimana mempercepat dan mengotimalkan kinerja m...

No comments:

Post a Comment

>