+ -

Pages

Saturday, January 5, 2013

Usut Tuntas Penyelundupan 22 Ekor Penyu


Penyu sisik. (FOTO: bali.tribunnews.com)
TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR
- Kasus penyelundupan 22 ekor penyu di Pantai Pandawa, Kutuh, Kuta Selatan, Badung Pro fauna meminta diusut secara tuntas.
Jatmiko Wiwoho, Koordinator Pro Fauna Bali, menyatakan bahwa peristiwa yang telah memperoleh liputan luas dari berbagai media massa ini, tentu saja sangat memprihatinkan bagi upaya penegakkan hukum di bidang konservasi satwa dilindungi di Bali.
Terlebih lagi, dua minggu sebelumnya justru Polair Polda Bali telah menggagalkan penyelundupan 33 ekor penyu di perairan Tanjung Benoa, Nusa Dua.
"Penyelidikan intensif menyangkut keterlibatan oknum anggota Polair Polda dalam peristiwa ini harus dilakukan untuk mengetahui lebih dalam jaringan perdagangan penyu di Bali. Bukan tidak mungkin dua kali upaya penyelundupan beruntun ini merupakan puncak gunung es luasnya pemain perdagangan penyu di Indonesia. Ada suplai pasti ada demand (permintaan)," ujarnya.
Survei Pro Fauna Indonesia pada Januari 2012 menunjukkan fakta, walaupun penyu tidak lagi diperdagangkan secara terang-terangan di Bali, namun puluhan cinderamata mengandung sisik penyu dalam bentuk gelang, kotak perhiasan dan pipa rokok masih diperjualbelikan di Tanjung Benoa.
"Semua jenis penyu di Indonesia telah dilindungi oleh undang-undang, ini artinya perdagangan penyu baik hidup maupun bagian tubuhnya adalah dilarang," ujarnya.
Menurut UU No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, pelaku perdagangan satwa dilindungi bisa diancam hukuman penjara 5 tahun dan denda Rp 100 juta. Oleh karena itu, Pro Fauna Bali mendorong Polda Bali untuk menuntaskan pengungkapan kasus ini.
"Dari mana penyu berasal, siapa penyedia, calon pembeli, dan pelaksana lapangan. Apakah tujuan akhirnya adalah Bali atau Bali hanya sebagai lokasi transit?" imbuhnya dalam keterangan persnya.
Instansi peradilan, kata Jatmiko, agar memberi hukuman berat bagi para pelaku yang terbukti bersalah. Terhadap oknum pelaku, apabila terbukti bersalah hendaknya segera dicopot karena jelas-jelas memberi contoh buruk kepada masyarakat dan mencoreng nama institusi kepolisian.
Berdasarkan kronologi kejadian diketahui bahwa pelaku berhasil ditangkap berkat kesigapan anggota Linmas Desa Kutuh, Kuta Selatan, setelah berkoordinasi dengan kepala desa dan anggota Babinkamtibmas setempat.
"ProFauna menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap anggota Linmas khususnya Kepala Desa Kutuh, Nyoman Mesir- atas kewaspadaan mengenali perilaku mencurigakan pelaku dan melaporkannya ke aparat berwenang. Tindakan ini patut diteladani oleh masyarakat lainnya sehingga tindak kejahatan yang membahayakan kelestarian penyu di Bali dapat dicegah," pungkasnya.
5 INFO MENARIK: Usut Tuntas Penyelundupan 22 Ekor Penyu TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kasus penyelundupan 22 ekor penyu di Pantai Pandawa, Kutuh, Kuta Selatan, Badung Pro fauna meminta diusut seca...

No comments:

Post a Comment

< >